Wednesday, September 10, 2008

Ramadhan dan Vitalitas Tubuh



Bulan Ramadhan adalah bulan berjuta rahmat, bulan dimana Allah kasih kesempatan kita untuk memaksimalkan ibadah, menghapus dosa, membulatkan tekad mimpi kita, memperbaiki amalan-amalan kita dan masih banyak lagi. Tidak jarang justru di bulan Ramadhan, menjadikan alasan kita untuk wisata kuliner, belanja, jalan-jalan ngabuburit, banyak tidur, dll. Whatever lah… asala hati-hati saja jangan sampai hal-hal refreshing itu merusak ramadhan kita… sayang!.

Tak jarang ketika kita banyak sekali aktifitas dari subuh sampai selepas tarawih, mendatangi undangan-undangan, kesibukan kerja, dll menjadikan tubuh kita cepat capek. Tubuh manusia ini memang dirancang Allah untuk kemasukan ‘racun’. Kita tidak bisa secara selektif detil sampai yang sekecil-kecilnya untuk menyeleksi udara yang akan kita hirup tiap detiknya atau makanan yang kita makan. Makanan berpengawet sudah menjadi ‘habit’ kita. Sulit kita menghindarinya khan? Coba saja sebut makanan yang tidak berpengawet… kecuali kita tiap hari bisa istiqomah belanja di pasar tradisional, memilih sayur sendiri yang ketahuan bopeng-bopeng dimakan ulat biar tahu kalau sayuran yang kita beli terbukti sedikit kandungan pestisidanya, memasaknya sendiri tanpa tambahan MSG dan selalu minum air putih, dan tambahan buah. Tidak harus apel, atau anggur. Bisa pepaya, atau pisang yang relative sesuai dengan kocek kita masing-masing. Silahkan… maka insya Allah tubuh kita akan terjaga. Tapi melihat aktifitas kita, tidak mungkin kan bisa tiap hari? Ok… ada cara lain nggak supaya kita bisa tetep bugar, bersemangat, dan racun didalam tubuh kita bisa kebuang tiap hari dengan sukses. Jawabnya… Bisa!


Lakukan detoksifikasi. Agar racun-racun didalam tubuh bisa keluar dengan lancar dengan minum jus. Bisa jus sayuran apabila tidak suka, bisa jus buah. Guava Juice atau jus jambu biji adalah salah satu pilihan tepat. Mengandung vitamin C yang cukup tinggi untuk kekebalan tubuh dibanding dengan buah-buahan lainnya. Dengan 6000 perak sekilonya kita bisa jus tiap sebelum sahur selama 6 hari. Cukup hemat untuk menjaga kesehatan. Boleh tambahin gula pasir dikit supaya berselera rasanya. Tidak usah pakek es… kecuali sedikit saja karena es bisa menurunkan kekebalan tubuh apabila dikonsumsi terlalu sering… walaupun seger juga ya… tapi ati-ati khususnya pada saat buka puasa… bisa langsung lemes. Insya Allah kalau kita bisa lakukan rutin menjadikan buang air kita lebih lancar, dan fit sepanjang hari. Perbanyak makan buah-buahan, sayuran, air putih minimal 1 liter dan cukup istirahat. Tetep menyempatkan diri berolahraga walaupun tidak harus ke gym. Membatasi makanan berpengawet, instant, pewarna buatan, dan sejenisnya. Rutin minimal 4 bulan sekali melakukan Hijamah (bekam) agar darah-darah kotor kita rutin dibuang... dan ini melaksanakn sunah Rousl. Sudah sehat, dapet pahala lagi......


Bulan Ramadhan sayang dilewatkan begitu saja... ayo kita banyakin kegiatan... sayang dilewatkan begitu saja... AYO SEMANGAT SEHAT. Selamat Mencoba!!

Labels:

1 Comments:

Blogger faisol said...

terima kasih sharing info/ilmunya...
saya membuat tulisan tentang "Benarkah Kita Hamba Allah?"
silakan berkunjung ke:

http://achmadfaisol.blogspot.com/2008/09/benarkah-kita-hamba-allah-1-of-2.html
(link di atas adalah tulisan ke-1 dr 2 buah link benarkah kita hamba Allah?)

Apakah Allah juga mengakui bahwa kita adalah hamba-Nya?

semoga Allah menyatukan dan melembutkan hati semua umat Islam, amin...

salam,
achmad faisol
http://achmadfaisol.blogspot.com/

8:10 PM  

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home