Tuesday, November 17, 2009

Spiritualitas dalam Kreativitas



Dalam acara Talkshow yang diselenggarakan 16 Oktober lalu, masing-masing pembicara menyampaikan gagasan mengenai Spiritualitas dalam Kreativitas menurut pemahaman masing-masing. Dari beberapa point tersebut kurang lebih sebagai berikut:
1. Spiritualitas dimaknai sebagai kejujuran dalam berekspresi (tentu dalam konteks kreativitas). Dengan apa adanya menyampaikan sesuatu lewat verbal maupun visual dalam konteks seni maupun desain. Berbicara apa adanya tanpa ditutup-tutupi oleh belenggu-belenggu yang menghambat krreativitas dewasa ini.
2. Spiritualitas dalam Kreativitas diartikan sebagai sumbangan ide dengan iklan layanan masyarakat yang berisi edukasi, penyuluhan, penyadaran terhadap obyek tertentu kepada subyek tertentu yang beisi muatan kebajikan sehingga menjadi tercerahkan. Bisa dilpacement di ruang-ruang publik yang biasa menjadi tempat untuk lalu lalang menjalankan berbagai aktifitas.
3. Kehidupan seseorang semestinya terikat oleh bagaimana Tuhan mengekspresikan "perintah" dalam agama masing-masing orang. Sebagai seorang desainer atau seniman hendaknya menjalankan seluruh aktifitas berekspresinya berdasarkan perintah dan larangan-Nya. Sebagai 'Abdullah' keta'atan ini menjadi penting dalam berekspresi. Karena setiap pikiran dan tingkah laku kita akan dimintai pertanggungjawaban darinya. Setiap karya yang terwarnai oleh pikiran yang bersih karena mencoba untuk selalu menggali apa yang boleh dan apa yang dilarang oleh agama, maka karya tersebut akan memberikan pencerahan yang mendalam bagi siapa saja yang menjadi target audiencenya.

Labels: , , ,

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home