Monday, May 28, 2007

AVATAR: The Legend of Ang











Sore-sore sewaktu pulang kantor… biasa… ritualnya istirahat sambil nonton TV cari berita. Disitu ada anak semata wayang gw lagi nongkrong nonton kartun. Remotenya dia bawa erat-erat.

“Nada… sini pinjem remotenya… Abi mo nonton berita penting neh…”.
“Abiii… Nada lagi nontong Ang… bentar juga selesai…”.

Tumben amat… biasanya nggak seserius itu kalo anakku nonton film. Ok dech.. nggak ada salahnya saya coba ikutan nonton barangkali ada inspirasi… itung-itung dah lama nggak nonton kartun. Setelah terakhir “Detective Conan” yang tak nobatkan sebagai film kartun terbaik versi saya.

Satu babak… dua babak… scene perscene… tak perhatiin neh film. Karakter si tokoh Ang, Kara dan kakaknya… trus bison tunggangan mereka yang bisa terbang dan nyelam. Kerapian gambarnya… keluwesan gerak berantemnya… jurus-jurusnya… kedahsyatan fantasinya… seperti riil. Warna-warna yang ditampilin... ekspresinya... digital imagingnya... tetep mempertahankan warna-warna natural, tidak terlalu terlihat kontras seperti film or komik dengan coloring computerize yang biasanya. Dibumbui cerita dengan tingkah2 konyol tokohnya. Benar-benar menghibur!. Kayaknya sekarang Conan ada dibawah Avatar neh posisinya....

Kalau dari ide cerita… The Legend of Ang ini ada kemungkinan untuk bersekuel panjang. Cukup cerdas… dengan mengangkat cerita fiktif tentang empat kelompok masyarakat yang menguasai empat penjuru mata angin dengan kemampuan pengendali udara (angin), air, tanah (bumi), dan api. Yang menjadi musuh bersama adalah kelompok masyarakat pengendali api karena mereka ingin menguasai dunia. Selama ini yang mampu menjadi pelindung dan pengayom ketiga pengendali atas serangan si “api” adalah seorang yang disebut sebagai AVATAR. Dia menguasai keempat pengendali api, air, tanah, dan angin. Sudah ada dua avatar yang terbukti mampu melindungi dunia. Dan keduanya telah tiada. Seseorang dengan nama Kara menjumpai ada seorang anak dengan bakat sebagai pengendali angin. Dia yakin, anak yang ditemuinya adalah AVATAR. Mudah belajar mengendalikan semua mata angin, walaupun usianya masih sangat muda… masih banyak kesempatan untuk belajar. BTW… Kara adalah pengendali air yang baik. Ang sering belajar dengannya sambil menjelajah dunia mencari guru terbaik untuk melengkapi keahlian Ang.

Sampai di episode terkini, berjumpa dengan seorang anak yang buta tetapi menguasai pengendalian tanah (bumi) yang pernah mengalahkan musuh-musuh terbaik di wilayahnya. Karena dikeluarganya selalu dianggap sebagai anak cacat yang harus selalu dilindungi dan dilayani, dia tidak tahan lagi dan memilih untuk bertualang dengan Ang dan teman2nya.

Sekilas tidak ada masalah dengan kartun ini. Cukup menghibur… apalagi untuk anak-anak. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari pengorbanannya untuk niat melindungi bumi dari kezaliman. Tapi… menurut saya, pendampingan bagi anak yang belum memiliki paradigma berfikir yang benar terutama untuk menjaga Aqidahnya… adalah penting sehingga sewaktu-waktu ada pertanyaan dari sang anak mengenai sesuatu, kita bisa segera mengarahkan.

Sayang, ketika search mo nyari gambar Ang… belum ketemu2. Padahal pengen banget majang itu tokoh utamanya diatas tulisan ini. Ada yang punya gambarnya? Bagi dunk.....

makasih boat Bayu yg udah nyumbang url n bantuin cari gambar... (walau kecil, tapi besar pahalanya... halah...)

Labels: ,

2 Comments:

Blogger Bayu said...

Assalamualaikum...we'e'e'e'e'e'e....dah tua qo bahas kartun, mending bahas kiamat sudah dekat wae....

tapi ngomong2, aq punya link nih yang ada gambar avatarnya...coba diklik aja deh Pak De....http://www.megastore.se/?catid=GAMEWIIAC&show=listing

9:39 AM  
Blogger andika dwijatmiko said...

wa'alaikum slm... wis tuwo ning jiwane nom kan luweh kerenh... btw kartun tdk hanya dibuat untuk anak kecil... avatar, conan, spongebobs itu menurut saya untuk remaja/dewasa. anak kecil bahaya terlalu sering nonton film2 itu... we 'e'e e'. makasih info url nya... walau gambare cilik...

7:31 PM  

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home