Saturday, April 21, 2007

Obrolan Ibu-Ibu tentang IPDN

Suatu sore di sebuah kampung di bilangan Jatinegara, sekelompok ibu-ibu berkerumun sedang belanja sayur sambil ngobrol seru, Nampak wajah mereka sangat serius. Asyik sekali.. pikir saya pasti sedang ngegosipin artis sinetron. Namun dilihat dari raut mukanya tampaknya mereka kesal sekali, diam-diam saya mendekat bukan maksud mau nguping tetapi penasaran aja dengan tema yang sedang dibicarakan.Ooh.. aku baru tau nampaknya mereka sedang ngobrolin tayangan berita sebuah stasiun TV tentang kasus penganiayaan di IPDN. Berikut sedikit petikan pembicaraan yang seru dan meledak-ledak daripara "pengamat berita" ini...." tuh kan apa gue bilang IPDN itu, Institut Penganiayaan DalamNegeri... !" masak anak orang dihabisin hanya gara-gara telat dating ke acara yang nggak jelas, dasar gak tau diri !". " Bukan nyak tapi IPDN itu, Institut Pembantaian Dalam Negeri..!" sahut ibu penjualsayur tak mau kalah. "Kalo nurut saya sih masih jadi pelajar aja kayak gitu ntar kalo udah jadi pejabat pasti jadi diktator, makanya IPDN itu, Institut Pengkaderan Diktator Negara..!" seru ibu yangsedari tadi bolak balikin sayur bayam. " Betul juga jeng Neni tapi saya paling gak suka sama kelakuan mereka yang suka maen keroyok kalo berani kenapa gak satu lawan satu tuh kayak di pilem koboymakanya dinamain aja IPDN, Institut Paling Demen Ngeroyok..!!" seru ibu gendut itu gemas sambil membanting labu siam diantara sayur yangmakin berserakan. "Iya betul tuh sekalian aja dinamain IPDN, Ikatan Praja Doyan Nonjok ...!" sambar bu RT sambil bersungut-sungut. "IPDN, Injak Pukul Dorong Nah ... mati..!! celetuk ibu bertubuh kerempeng itu sambil praktekkan gaya silatnya. "Inginnya Pendidikan Dapetnya Nisan nah itulah IPDN kasihan orang tua yang udah susah payah kirim anaknya kesana pulang-pulang bikin batu nisan... !!" tukas bu Neni makin kesal. " Yang kayak gini neh pasti kerjaan para pejabat yang gak punya tanggung jawab dan wawasan kebangsaan, mestinya kan mereka sebagai pengontrol dan pengawas tetapi kenapa korban udah berjatuhan kayak gini kok didiemiin ajadari dulu, kayaknya sih sengaja biar budaya pejabat junior harus takut dengan senior tetap hidup, kan ntar gampang diajak kongkalikong kali ya ? namanya juga IPDN, Ideologi Pejabat DurjanaNegara", sahut ibu setengah baya berkerudung itu. "Yah IPDN, Inilah Pendidikan Dalam Negeri kita.. pantas aja korupsi gak habis-habis wong mentalnya aja udah kayak mafia. Tiba-tiba nenek tua yang sedari tadi diam saja tergopoh-gopoh keluar dari kerumunan menuju kearah rumah bu RT, sambil iseng saya pun bertanya, "nek kalo menurut nenek IPDN itu apa ?". Nenek itu melotot kesal kearahku sambilberteriak, "Ingin Pipis Dulu Nak ...!!". Ups..! wajahku memerah sambil nyengir gue ngaciir....

(cuma posting dari milis sebelah n dari muslimblog... makasiiih)

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home