Sunday, February 17, 2008

Berani memulai… adalah awal kesuksesan




Di
seabreg buku-buku motivasi yang sering menjadi poin ampuh pertama kali dalam melangkah di dunia yang baru, bisnis baru, pengalaman baru dll adalah “Berani memulai”. Seolah gampang diucapkan tetapi tidak ringan untuk dikerjakan. Kegamangan biasanya akan muncul ketika sebelum memulai bayangan terhadap kegagalan, kendala maupun rintangan seringkali menyiutkan nyali kita untuk memulainya.

Lihat saja contoh kecil… anak saya yang duduk di bangku kelas 2 SD terlihat bersemangat pengen nyoba “flying fox” ketika ada acara kumpul tahunan wali siswa di x-urang (baca:kaliurang--red) dan yang ngadakan sekolahnya. Sambil menunggu gilirannya… saya nanya… “Nak… gimana perasaanmu….”
“Deg-degan bi… kayaknya gimanaa gituu…” jawabnya.

Tampak diraut wajah anak saya… sedikit pucat… sepertinya ragu-ragu…. Tapi tetep saya berusaha terus memompa semangatnya “Tenang aja sayang…. Kamu pasti bisa! Ntar kalo kamu batalin, nyesel lho…. kan flying fox nggak ada tiap hari….”

“Pokoknya berdoa ajaa…. Bismillah…. Manteb… yang penting kan segalanya udah aman… talinya… pengaitnya… helmnya…. semuanya dah kenceng kok. Udah bunyi klik…..”

Akhirnya tiba gilirannya… anak saya mencoba memantapkan diri… naik tangga… dan petugas membantunya… diam agak lama… seperti ragu2 gitu… teman-temannya bersorak sorai kasih semangat… akhirnya hap…. Terjadilah…..

Paling tidak ada beberapa sebab kita gamang untuk memulai sesuatu yang baru:
1. Kita tidak memiliki maklumat tentang apa yang akan kita kerjakan (alias “ilmu)
2. Ada factor penghambat yang selalu mengganggu yaitu “kekhawatiran” padahal menurut penelitian… 95% kekahawatiran itu tidak akan terjadi
3. Ketidaksiapan strategi, perangkat, alat/tools, dan segala hal yang berhubungan dengan apa yang akan kita lakukan
4. Sejauh mana dukungan do’a dari keluarga dan lingkungan

Semoga kita termasuk orang-orang yang mantab dalam memulai sesuatu yang baru… dan tentu saja dengan diiringi dengan persiapan yang matang.

Labels: ,

1 Comments:

OpenID vinadanvani said...

seru banget main flying foxnya, semangat untuk memulai pengalaman baru

10:39 AM  

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home