Friday, September 21, 2007

Menjawab pertanyaan satu tahun yang lalu

Seorang teman (muallaf) pada suatu kesempatan pernah bertanya kepada saya tentang masalah ke-Islaman. Pertanyaannya begini… “Mengapa Allah menciptakan neraka! Itukan bertentangan dengan sifat Allah yang maha pemurah lagi maha penyayang. Dan mengapa Allah menciptakan kekejaman dengan memasukkan manusia yang dianggap berdosa ke neraka untuk dihukum”.

Kurang lebih setahun lamanya saya mencari jawaban yang tepat, dengan bahasa yang pas, dan mampu memberikan persepsi yang benar terhadap Islam. Beberapa ustadz sempat saya temui untuk mendapatkan jawaban pertanyaan tersebut. Saya akan paparkan pendapat-pendapat tersebut. Bisa jadi setelah saya menuliskannya nanti ada diantara rekan-rekan yang baca blog saya ini bisa memberikan masukan… kira-kira kalimat yang baik dan benar (disertai dalil kalau perlu) bisa menambah kentalnya jawaban. Terima Kasih.

Jawaban Versi Pertama:

Allah dengan sifatnya yang pengasih dan penyayang justru terlihat dari sifat tegasnya untuk memberikan kejelasan khususnya bagi yang beramal sholeh akan ditempatkan pada syurga Allah, dan yang jahat akan dimasukkan ke neraka sesuai amalannya. Ketegasan ini tidak bisa diukur dengan pemikiran manusia. Itu sudah menjadi ketentuan Allah. Manusia tidak bisa mengubahnya.

Jawaban Versi Kedua:

Siapa bilang bertentangan dengan sifat Allah. Di ama’ul husna Allah memiliki sifat Al Muntaqiim (Maha Penyiksa), atau Al Mumiitu (Maha Mematikan), Malikul Mulk (Mutlak sifat Penguasa Kerajaan--Semesta), A Mudzil (Yang Memiliki Mutlak sifat Yang Menghinakan --makhluknya).

Jawaban Versi Ketiga:

Kalau saya, tidak akan menjawab langsung pertanyaan tersebut tapi akan saya ajak untuk berfikir bareng. Yaitu contoh dengan permisalan kenapa Allah menciptakan manusia ke bumi. Manusia ada yg taat dan ada yg mungkar kenapa Allah. Mengapa capek-capek menciptakan manusia.Itu adalah iradhah Allah… kehendak Allah. Pertanyaan diatas karena cara berpikir kita menggunakan cara berpikir manusia. Semua di standarkan dgn cara berpikir manusia padahal setiap kehendak Allah tidak semua yg bisa distandartkan dengan alur logika manusia. Artinya untuk hal-hal diatas kita kembalikan lagi bahwa itu semua iradhah Allah. Alasan Allah spt apa? hanya Allah yg tahu.

Pertanyaan tersebut biasanya dilontarkan oleh orang-orang filsafat. Kalau ingin jawabannya lebih pas, maka pendekatannya mesti dengan pendekatan keimanan. Beresin dulu aqidahnya.

Atau dengan penjelasan lainya seperti… bahwa Allah telah menciptakan makhluk lain seperti syaitan. Dia selalu membujuk manusia kearah kesesatan. Allah menurunkan Al Qur’an sebagai way of life bagi manusia, tetapi manusia juga diberikan kebebasan untuk memilih jalan mana yang akan ditempuh. Kemudia keadilan Allah muncul disini dengan memberikan balasan kepada yang memilih kebaikan sehingga allah menciptakan Syurga, dan diberikannya neraka bagi yang menentang perintah Allah.

Begitulah tiga versi jawaban yang saya dapatkan. Dari ketiganya menurut saya ada benang merah yang bisa diambil. Bahwa Allah menciptakan dunia serta isinya, menciptakan manusia, jin, syaitan, surga, neraka, menciptakan Al Qur’an dll. Itu adalah iradah Allah. Sudah menjadi ketentuan Allah dan sudah dijabarkan didalam al Qur’an. “Tidak Aku ciptakan Jin dan Manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku” Adz Dzariyaat 56. Al Qur’an sebagai tuntunan manusia agar selamat hidupnya di dunia dan di Akherat adalah petunjuk yang final. Tidak satupun makhluk Allah yang bisa mencegah ketentuan ini. Manusia diciptakan Allah untuk taat pada-Nya. Walaupun Allah memberikan kebebasan untuk memilih jalan mana yang akan ditempuh. Kebaikan, atau kesesatan. Sangat masuk akal apabila Allah telah memberikan kebebasan seperti itu dan memberikan informasi valid didalam Al Qur’an tentang neraka yang diperuntukkan bagi yang sesat, dan tempat yang indah yaitu Syurga bagi makhluknya yang taat dan kekal didalamnya. Penciptaan neraka dan kekejaman-kekejaman yang telah diinformasikan didalam Al Qur’an bukan bertentangan dengan sifat Allah karena Allah sesungguhnya memiliki 99 nama sekaligus menjelaskan sifat-sifatnya. Seperti Al Muntaqim (Maha Penyiksa), atau Al Mumiitu (Maha Mematikan), Malikul Mulk (Mutlak sifat Penguasa Kerajaan--Semesta), A Mudzil (Yang Memiliki Mutlak sifat Yang Menghinakan --makhluknya).

Wallahu a’lam Bhisowab

Labels: ,

Wednesday, September 19, 2007

Semakin lama hidup di dunia,
rasanya... semakin banyak yang tidak saya ketahui.

anonim

Labels:

Thursday, September 13, 2007

ngobrol bareng butet

Sabtu kemaren (sebelum ramadhan) tepatnya 8 September 07 di kampus ADVY mengundang Butet Kartaredjasa seorang seniman, desainer, pelukis, entertainer, dan segudang pengalaman berkesenian lainnya. Forum ini dihadiri mahasiswa baru, para alumnus, serta dosen-dosen ADVY di semua program studi.

Banyak hal baru yang saya dapat seputar 2 jam obrolan mengenai berkesenian bersama mas Butet. Beberapa catatan yang sempat saya rangkum adalah sebagai berikut:

1. Orang dikatakan kreatif menurut Butet bisa jadi karena keberhasilannya untuk menyelesaikan problem yang dimiliki. Sebagai contoh, dia menceritakan tentang problem solving dalam menciptakan sebuah tangga di rumahnya yang sedang dibangun. Gimana supaya artistic, biayanya murah, ada filosofinya, dan tidak terkesan tangga biasa. Selama ini dia mengkoleksi wesel pos kiriman orang tua atau kiriman klien2 dia sewaktu masih menjadi mahasiswa dan mengawali karirnya sebagai seniman. Dia pikir… apabila disebuah tangga di rumahnya tertempel wesel2 yang dia kumpulkan selama ini, bisa jadi bukti sebuah perjalanan panjang karirnya yang bisa disaksikan oleh anak cucunya kelak. Bahwa berkesenian itu membutuhkan proses. Dan kesuksesan itu diawali dari sebuah proses yang harus dilewati dengan sabar. Wesel2 itu ditempel dan difinishing dengan mika bening yang artistic dan ternyata mengundang para desiner interior dan arsitek untuk bertandang ke rumahnya utk menyaksikannya.

2.“Geteh Kere” dia berpendapat, bahwa down to earth (dengan bahasa saya) atau membumi… cedak karo wong cilik… atau memang dia merasa punya attitudenya orang miskin yang gumunan, sosialnya tinggi, sependeritaan, keinginan untuk menjadi kaya sangat kuat, dan keinginan untuk keluar dari kelompok marjinal sangat tinggi.

3.Kreatifitas itu muncul dari orang yang bekerja. Maksudnya… kreatif itu tidak mungkin muncul dari orang pengangguran atau menjadi desainer tetapi menunggu rezeki datang “saja” (bukan mengupayakannya). Walaupun itu bisa dilakukan, namun hasilnya pasti tidak maksimal.

4.Keberhasilan dalam bisnis kreatifitas tidak lepas dari networking… hubungan pertemanan dan hubungan persaudaraan yang kesemuanya bisa direkayasa atau direncanakan. Banyak bergaul dengan berbagai kalangan akan memperlancar usaha kita.

5.Orang aware dangan kita, karena kreatifitas yang kita miliki outstanding. Reminder orang akan selalu tertuju pada diri kita apabila kita selalu bergerak dan tidak berhenti menciptakan kreasi-kreasi baru.

Sebetulnya tidak sesedikit itu poin yang didapat dalam obrolan dengan Butet. Namun paling tidak poin-poin diatas adalah kesimpulan yang sempat saya rekam. Selebihnya barangkali ketika saya zap… melamun… atau tiba-tiba hilang kosentrasinya… semoga bermanfaat….

Labels: ,

Sunday, September 09, 2007

Renungan

Betapa besarnya nilai uang kertas senilai Rp.100.000 apabila dibawa ke masjid untuk disumbangkan; tetapi betapa kecilnya kalau dibawa ke Mall untuk dibelanjakan!

Betapa lamanya melayani Allah selama lima belas menit namun betapa singkatnya kalau kita melihat film.

Betapa sulitnya untuk mencari kata-kata ketika berdoa (spontan) namun betapa mudahnya kalau mengobrol atau bergosip dengan teman tanpa harus berpikir panjang-panjang.

Betapa asyiknya apabila pertandingan bola diperpanjang waktunya ekstra namun kita mengeluh ketika khotbah di masjid lebih lama sedikit daripada biasa. Betapa sulitnya untuk membaca satu lembar Al-qur’an tapi betapa mudahnya membaca 100 halaman dari novel yang laris.

Betapa getolnya orang untuk duduk di depan dalam pertandingan atau konser namun lebih senang berada di saf paling belakang ketika berada di Masjid

Betapa Mudahnya membuat 40 tahun dosa demi memuaskan nafsu birahi semata, namun alangkah sulitnya ketika menahan nafsu selama 30 hari ketika berpuasa.

Betapa sulitnya untuk menyediakan waktu untuk sholat 5 waktu; namun betapa mudahnya menyesuaikan waktu dalam sekejap pada saatterakhir untuk event yangmenyenangkan.

Betapa sulitnya untuk mempelajari arti yang terkandung di dalam al qur’an; namun betapa mudahnya untuk mengulang-ulangi gosip yang sama kepada orang lain.

Betapa mudahnya kita mempercayai apa yang dikatakan oleh koran namun betapa kita meragukan apa yang dikatakan oleh Kitab Suci AlQuran.

Betapa setiap orang ingin masuk sorga seandainya tidak perlu untuk percaya atau berpikir,atau mengatakan apa-apa, atau berbuat apa-apa.

(diambil dari motivasi.web.id, menjadi perenungan kita bersama menjelang bulan ramadhan)

Labels: , ,

finalis, "cek ringan" klien baznas dd

finalis, "tetap sama niatnya" klien baznas dd

finalis, "peci haji...." klien dd travel

ini dapet bronze. "sajadah...." klien: dd travel

ini juga dapet bronze. "brangkas apung" klien: baznas dd

Labels: ,

Friday, September 07, 2007

suasana penjurian

Wednesday, September 05, 2007

Advertising Syariah Raih Pinasthika Award 2007

Oleh ISM
04 September 2007

Komunikasi iklan untuk perusahaan atau produk syariah ternyata bisa dikonsep dan dikemas secara kreatif dan inovatif. Syafa’at Advertising, perusahaan advertising berbasis syariah, berhasil membuktikannya dengan menggondol dua Bronze Award pada ajang Pinasthika Festival Iklan 2007 di Hotel Melia Purosani Jogja, pekan lalu.

Baca selengkapnya disini

(ditulis oleh Pak Imam S Machmud ditayangkan 4 Sept 07 baca selengkapnya di niriah.com )

Tuesday, September 04, 2007

Penjurian EPI (Etika Pariwara Indonesia)

Baru kali ini dalam sejarah penyelenggaraan Pinasthika melampaui tahap penjurian EPI (Etika Pariwara Indonesia disingkat “Etika”) sebelum entry dilakukan penjurian yang sebenarnya. Pinasthika yang sudah diselenggarakan sebanyak tujuh kali ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Khususnya dalam kualitas entry dan minat besarnya agency Jakarta untuk berpartisipasi dalam ajang ini. Walhasil, entry yang diikutkan lomba ternyata harus melalui screening awal yaitu penjurian Etika. Secara positif apabila kita cermati, penjurian Etika sangat penting untuk mengukur sejauh mana kebenaran, informasi, batas-batas, norma, sara, tata karma dll yang masih dianut dinegeri ini tanpa membatasi kreatifitas si pembuat iklan. Di Indonesia terbukti bahwa kreatifitas itu tidak bebas nilai. Kreator iklan akan selalu putar otak menghasilkan iklan-iklan yang berbobot manakala justru ada batas-batas yang mengekang mereka. Contoh regulasi pemerintah untuk iklan rokok yang tidak memperbolehkan mendemostrasikan merokok. Akhirnya sering kita jumpai iklan rokok yang kreatif dan memiliki reminder kuat. Bahkan kak Seto pun protes tentang dampak iklan rokok bagi anak-anak yang memiliki reminder kuat itu.

Ok. Kembali ke Etika. Penjurian Etika dilaksanakan di Jakarta tanggal 22 Agustus ’07 di hotel Alila Jakarta oleh BPP (Badan Pengawas Periklanan) yang diketuai oleh Ridwan Handoyo (Presdir Lowe), dan dihadiri pula oleh Jeanny Hardono (CD Dentsu), Aryanto Zaenal (CEO Macs 909), Irfan Ramli (Presdir Hakuhodo), Ninik (CEO Avicom), Didit Indra (ECD BBDO) dll. Dari 896 entry yang dilombakan, ada sekitar 9 yang didrop atau tidak diperbolehkan untuk dilakukan penjurian.

Debat di ruang rapat cukup serius. Memulai penjurian pada jam 09.30, tak terasa jam 20.00 baru selesai seluruh entry telah dibahas. Berita tentang Pinasthika Festival iklan 2007 bisa di akses disini.

Dari Ki ke Ka: Jeanny H, Ridwan H, Aryanto Z, Didit I

Labels: ,

Monday, September 03, 2007

selamat kepada para pemenang Pinasthika 2007

Kategori Bawana
I. IKLAN CETAK

1.Iklan Makanan,Minuman,Rokok,Camilan dan Bumbu Masak
I.A.1.005 GOLD Title : HANTU INSOMNIA, PT SRENGENGE CIPTA IMAGIbBrand / Client:KOPI HITAM/KOPI BLANDONGAN
I.A.1.004 BRONZE Title : POCONG KEPANASAN, PT SRENGENGE CIPTA IMAGIBrand / Client: KOPI JAHE/KOPI BLANDONGAN
I.A.1.003 FINALIS Title : KUNTILANAK KEPANASAN, PT SRENGENGE CIPTA IMAGI Brand / Client: KOPI JAHE/KOPI BLANDONGAN

2.Iklan Hotel, Pariwisata, Restoran dan Travel
I.A.8.002 FINALIS Title: WAYANG, PT SRENGENGE CIPTA IMAGI Brand / Client: DAGADU

3.Iklan Korporat dan Biro Iklan
I.A.10.007 FINALIS Title : MBOK DHE,PETAKUMPET Brand / Client: KEDAULATAN RAKYAT
I.A.10.008 SILVER Title: VERSI MBECAK, PETAKUMPET Brand / Client: KEDAULATAN RAKYAT

4. Iklan Lain-lain
I.A.13.001 FINALIS Title: PERANGKAP TIKUS, OCTIS MARKETING COMMUNICATION Brand / Client: PAPERLINE ENVELOPE
I.A.13.003 FINALIS Title: TATO RAELIS VERSI CEWEXZ, PETAKUMPET Brand / Client: HITAM TATTOO JOGJA

II. RADIO
1.Spot Iklan Produk
I.B.1.004 SILVER Title: JF SULFUR VERSI ANNOUNCEMENT, CABE RAWIT MARKETING COMMUNICATIONS Brand / Client: JF SULFUR
I.B.1.005 BRONZE Title : SINDEN, MATARI ADVERTISING Brand / Client: UNTUNG BELIUNG BRITAMA / BRI

2.Spot Iklan Layanan Masyarakat
I.B.3.002 SILVER Title : PSA TRANSPORTASI PESAWAT, CABE RAWIT MARKETING COMMUNICATIONS

III. IKLAN MEDIA TELEVISI
1. Iklan Pendidikan
I.C.2.001 FINALIS Title: HAND PHONE DJ, PT SRENGENGE CIPTA IMAGI Brand / Client: SPIN DOCTORS DJ SCHOOL

2.Iklan Lembaga Jasa Keuangan dan Investasi
I.C.3.004 BRONZE Title : MENGUSIR BURUNG, PT SRENGENGE CIPTA IMAGI Brand / Client: DANAGUNG GROUP

3.Iklan Telekomunikasi, Elektronik dan Komputer
I.C.4.003 SILVER Title: PETAK UMPET, PANTAREI COMMUNICATIONS Brand / Client: 3 / HUTCHISON

I.C.4.004 BRONZE Title: PENEMU PHOTOSHOP, PT SRENGENGE CIPTA IMAGI Brand / Client: RUMAH KOMPUTER

4.Iklan Produk Kesehatan, Obat, Perawatan Pribadi, Pakaian dan Asesoris
I.C.6.001 FINALIS Title: MUKA BERMINYAK, EXISTCOMM Brand / Client : NATASHA SKIN CARE

5.Iklan Promosi Berhadiah dan Event
I.C.11.001 FINALIS Title : JOGJA DOG DAY2 VERSI ANJ... ANJ.. ANJ.., PETAKUMPET Brand / Client : CARE JOGJA

6.PSA
I.C.12.004 GOLD Title: LIFE IS FAST, MACS909, Brand / Client: PSA / SD TUMBUH
I.C.12.002 SILVER Title: ADI, EXISTCOMM Brand / Client: YAYASAN PERSAUDARAAN MASYARAKAT JOGJA
I.C.12.003 SILVER Title: WATI, EXISTCOMM Brand / Client:YAYASAN PERSAUDARAAN MASYARAKAT YOGYAKARTA

IV. IKLAN MIX MEDIA
I.D.003 SILVER Title : UNTUNG BELIUNG BRITAMA CAMPAIGN, MATARI ADVERTISING Brand / Client: UNTUNG BELIUNG BRITAMA / BRI
I.D.002 FINALIS Title: KR BEBARENGAN MRANTASI GAWE, PETAKUMPET Brand / Client: KEDAULATAN RAKYAT

V. MEDIA LUAR RUANG
1. Produk Komersial dan Even (Billboard, Coverboard & Others)
I.E.1.012 SILVER Title: JINGLE WARTA KOTA OLEH PENGAMEN JAKARTA, IDEASPHERE, Brand / Client: HARIAN WARTA KOTA
I.E.1.007 BRONZE Title : DARA MANISKU, FRESHBLOOD INDONESIA Brand / Client: SUARA MERDEKA

VI. IKLAN MATERI PENUNJANG
A. Poster
1. Commercial Product
2. Event
3. PSA
B. Direct mail
1. Commercial Product
2. Event
3. PSA
C. Unconventional Media
D. Website/CD Interaktif
I.4.3.006SILVER Title: KUTUNGGU JATIMU, PETAKUMPET Brand / Client: WALHI

Kategori Baskara
I. MEDIA CETAK
1. Iklan Makanan, Minuman, Rokok, Camilan dan Bumbu Masak
II.A.1.002 SILVER Title : POOL, THINK THANK COMM Brand / Client: SEAFOO SAGAN RESTO
II.A.1.004 BRONZE Title : SIGNING, THINK THANK COMM Brand / Client: SEAFOO SAGAN RESTO
II.A.1.005 FINALIS Title: WAYANG, THINK THANK COMM Brand / Client: SEAFOO SAGAN RESTO

2.Iklan Hotel, Pariwisata, Restoran dan Travel
II.A.8.001 BRONZE Title : SAJADAH...., SYAFA'AT ADVERTISING Brand / Client: DD TRAVEL--BIRO PERJALANAN HAJI
II.A.8.002 FINALIS Title : PECI...., SYAFA'AT ADVERTISING Brand / Client: DD TRAVEL--BIRO PERJALANAN HAJI
3.Media
II.A.9.003 BRONZE Title : KAMASOUNDTRA,FRESHBLOOD INDONESIA Brand / Client: HOT FM
II.A.9.006 BRONZE Title : NGELEDEK, FRESHBLOOD INDONESIA Brand / Client : SUARA MERDEKA
II.A.9.005 FINALIS Title : BAJINGAN-SINGKONG, FRESHBLOOD INDONESIA Brand / Client: SUARA MERDEKA
II.A.9.010 FINALIS Title : SATU TEMPAT TIGA MAFAAT VERSI "KAKUS", WARNA ADVERTISING Brand / Client: SOLOPOS

4.Iklan Korporat dan Biro Iklan
II.A.10.005 BRONZE Title: YOUR LOCAL PARTNER, FRESHBLOOD INDONESIA Brand / Client: FRESHBLOOD INDONESIA
II.A.10.006 FINALIS Title: WHAT A PIG, FRESHBLOOD INDONESIA Brand / Client : SUARA MERDEKA

5. Iklan Promosi Berhadiah dan Event
II.A.11.014 BRONZE Title : CROCO, FRESHBLOOD INDONESIA Brand / Client: SOLOPOS

6. PSA
II.A.12.007 BRONZE Title: SOBEK KERTAS, PETAKUMPET Brand / Client: CARE
II.A.12.008 FINALIS Title: STOP!, FRESHBLOOD INDONESIA Brand / Client: AD ONLY

7. Iklan Lain-lain
II.A.13.001 BRONZE Title : BRANGKAS APUNG, SYAFA'AT ADVERTISING Brand / Client: BAZNAS DOMPET DHUAFA REPUBLIKA
II.A.13.002 FINALIS Title : CEK DAN TIMBANGAN, SYAFA'AT ADVERTISING Brand / Client: BAZNAS DOMPET DHUAFA REPUBLIKA

II. RADIO
1. Spot Iklan Produk
II.B.1.001 FINALIS Title: DOKTER GIGI, PT RADIO SWARA GADJAH MADA Brand / Client: PEPPERMINT LOUNGE & BISTRO
II.B.1.006 FINALIS Title: BAKUL JARAN, FRESHBLOOD INDONESIA Brand / Client: SUARA MERDEKA
II.B.1.007 FINALIS Title: KENEK SAPI!, FRESHBLOOD INDONESIA Brand / Client: BISNIS INDONESIA

2. Spot Iklan Event
II.B.2.003 SILVER Title: INTEROGASI, PT RADIO SWARA GADJAH MADA Brand / Client: FMIPA UGM

III. IKLAN MEDIA TELEVISI
1.Iklan Makanan, Minuman, Rokok, Camilan dan Bumbu Masak
II.C.1.001 SILVER Title: ESKALATOR, TINK TANK COMM Brand: SEA FOOD SAGAN RESTO

II.C.1.002 BRONZE Title: BALAP KARUNG, TINK TANK COMM Brand: SEA FOOD SAGAN RESTO

2.Iklan Produk Kesehatan, Obat, Perawatan Pribadi, Pakaian dan Asesoris
II.C.6.001 BRONZE Title: LINGKARAN BESAR, EXISTCOMM Brand / Client: MERIT PIL / PT. SARI SEHAT

3.Iklan Korporat dan Biro Iklan
II.C.10.001 FINALIS Title : MERAPI VERSI KOMPLIT-PLIT, PETAKUMPET Brand / Client: KORAN MERAPI

4.PSA
II.C.12.003 SILVER Title: "UNTUK BANGSAKU", SIMPUL COMM. Brand / Client: SIMPUL COMM
II.C.12.008 GOLD Title: HIGH FIVE,BOHLAM ADVERTISING UAJY Brand / Client: YOGYAKARTA / BOHLAM ADVERTISING
II.C.12.002 SILVER Title: 50+50, DINI MEDIA PRO Brand / Client: FORSAIS
II.C.12.009 BRONZE Title: DANGEROUSLY BEAUTIFUL, BOHLAM ADVERTISING UAJY Brand / Client: INDONESIA / BOHLAM ADVERTISING
II.C.12.010 FINALIS Title: FINGERS JOB, FRESHBLOOD INDONESIA Brand / Client: TATV

5.Iklan Lain-lain
II.C.13.001 FINALIS Title : BRANGKAS APUNG DI LAUT..., SYAFA'AT ADVERTISING Brand / Client: BAZNAS DOMPET DHUAFA REPUBLIKA

III. MEDIA LUAR RUANG
II.E.1.015 BRONZE Title: KAMASOUNDTRA, FRESHBLOOD INDONESIA Brand / Client: HOT FM

IV. IKLAN MATERI PENUNJANG
2. Direct mail
- Commercial Product
II.F.2.a.001 SILVER Title: ATASI KEJENUHAN KERJA, PT. MARA ADVERTISING Brand / Client : DAZLINK BUILD HI-PERFORMANCE TEAM

- PSA
II.F.2.c.002 BRONZE Title: ANIMAL DAY VERSI ANJING, PETAKUMPET Brand / Client: CARE
II.F.2.c.001 BRONZE Title: ANIMAL DAY VERSI KUCING, PETAKUMPET Brand / Client: CARE

5. Company Profile (Print)
II.F.3.013 SILVER Title: KOMIK, PETAKUMPET Brand / Client: PETRA

6. Unconventional Media
II.F.3.005 SILVER Title: DICARI DETEKTIF, PT BROMICA MULTI CREATIVE Brand / Client: SURABI IMUT CABANG YOGYAKARTA

II.F.3.010 FINALIS Title: STEKER, EXISTCOMM Brand / Client: HERRY ZUDIANTO-HARYADI SUYUTI
II.F.3.014 FINALIS Title: MBAH SIKAM, FRESHBLOOD INDONESIA Brand / Client: BEBEK GORENG MBAH SIKAM

Young Film Director
IV.026 GOLD Title : ARTIS LALU LINTAS, ADITYA UTAMA
IV.025 SILVER Title: TAWURAN, ADHIKA RAHMANI NANDI WARDHANA
IV.010 BRONZE Title: KALAU MEMANG TERLIHAT, JADIKANLAH ITU NYATA, CAHYADI WIDIANTO
IV.012 FINALIS Title: BENCANA TAK ADA DALAM RENCANA, RANGGA KUSMALENDRA
IV.013 FINALIS Title: INI MILIK KITA!, HUSNI MU'ARIF
IV.028 FINALIS Title: SATU BANGSA, ADITYA UTAMA
IV.037 FINALIS Title: SKETSA INDONESIA, DIKKY SETIAWAN

Best Medium
1. Best PrintI.A.1.005 Title: HANTU INSOMNIA, PT SRENGENGE CIPTA IMAGI, KOPI HITAM/KOPI BLANDONGAN
2. Best TV II.C.12.008 Title: HIGH FIVE, BOHLAM ADVERTISING UAJY, YOGYAKARTA / BOHLAM ADVERTISING

Best Craft

1. Best Art Direction I.A.10.007 Title: MBOK DHE, PETAKUMPET, KEDAULATAN RAKYAT
2. Best Illustration II.F.3.013 Title: KOMIK, PETAKUMPET, PETRA
3. Best Cinematography I.C.10.003 Title: RUMAHKU INDONESIAKU, PT OCTOCOMM ASIA Brand / Client: GUDANG GARAM TBK
4. Best Graphic Design II.F.3.013 Title: KOMIK: PETAKUMPET, PETRA
5. Best Of Typhography II.E.1.014 Title: WHAT A PIG, FRESHBLOOD INDONESIA, SUARA MERDEKA

Labels: